SILABUS MATAKULIAH
Revisi : 27 Juli 2016
Tanggal
Berlaku : 05 September 2016
A.
Identitas
1.
Nama Matakuliah : Strategi Pembelajaran
2.
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
3.
Fakultas : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
4.
Bobot : 4 sks
5.
Semester :
III (Tiga / Ganjil)
6.
Komponen Kompetensi :
7.
Kode Matakuliah :
8.
Alokasi waktu total :
B.
Unsur-unsur silabus
Standar Kompetensi: Mahasiswa memahami berbagai konsep metodologi
pembelajaran, seperti model, strategi dan metode
pembelajaran,serta mampu mempraktekkannya dengan baik.
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Materi pokok
|
Strategi Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
Evaluasi
|
1.
Memahami konsep, model, klasifikasi dan komponen stra-tegi
pembela-jaran
|
a.
Mampu menjelaskan pengertian, klasifikasi, dan komponen strategi
pembelajaran.
b.
Mampu membedakan antara model, pendekatan, strategi, metode, dan
teknik pembelajaran
|
Konsep, Model, Klasifikasi dan Komponen Strategi Pembe-lajaran
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
2.
Memahami pola, prinsip, dan kriteria memilih strategi pembelajaran
|
a.
Mampu menganalisis pola belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
efektif
b.
Mampu merumuskan kriteria pemilihan strategi pembelajaran.
|
Pola, Prinsip,
dan Kriteria memilih Strategi Pembelajaran
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
3. Mengetahui problematika, konsep dasar, dan
hakikat pembelajaran
|
a.
Mampu menjelaskan problematika pembelajaran.
b.
Mampu menjelaskan konsep dasar pembelajaran
c.
Mampu menyimpulkan hakikat pembelajaran.
|
Problematika,
Konsep Dasar, dan Hakikat Pembelajaran
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
4. Memahami perubahan paradigma pembelajaran dan implikasinya dalam pembela-jaran
|
a.
Mampu menganalisis perubahan paradigma pembelajaran
b.
Mampu menjelaskan implikasi perubahan paradigma dalam
pendekatan, interaksi dan proses pembelajaran pembelajaran
|
Perubahan Paradigma Pembelajaran dan Implikasinya Dalam Pembelajaran
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
5. Memahami Konsep Pokok, Pengertian dan nilai-nilai edutainment
|
a. Mampu menjelaskan konsep pokok dan pengertian edutainment
b.
Mampu mengidentifikasi nilai-nilai edutainment dalam pembelajaran
|
Konsep Pokok, Pengertian dan Nilai-Nilai Edutainment
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga,
2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
6. Memahami teori dan karakteristik edutainment dalam pembela-jaran
|
a. Mampu menjelaskan teori-teori belajar bernuansa edutainment
b.
Mampu menganalisis karakteristik edutainment dalam pembelajaran
|
Teori dan Karakteristik
Edutainment Dalam Pembelajaran
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
7. Mengenal konsep edutain-ment
dalam Quantum Learning
|
a. Mampu menjelaskan konsep edutainment dalam Quantum Learning
b.
Mampu mengidentifikasi konsep-konsep pokok Quantum Learning
|
Konsep Edutainment
Dalam Quantum Learning
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
8. Memahami konsep Edutain-ment
Dalam Pendidikan Islam
|
a. Mampu mengidentifikasi nilai-nilai edutainment
dalam kehidupan Rasulullah saw
b.
Mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran
|
Konsep
Edutainment Dalam Pendidikan Islam
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
9. Memahami strategi pembela-jaran
ekspositori dan prosedur pelaksanaannya
|
a. Mampu menjelaskan pengertian dan
karakteristik pembelajaran ekspositori
b. Mampu menjelaskan prosedur pembelajaran
ekspositori
c.
Mampu mengidentifikasi keunggulan dan kele-mahannya
|
Strategi Pembelajaran
Ekspositori
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model
Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
10. Memahami konsep dasar, prinsip-prinsip, dan
penerapan strategi pembelajaran inkuiri
|
a. Mampu menjelaskan konsep
dasar strategi pembelajaran inkuiri
b. Mampu menguraikan
prinsip-prinsip dan langkah pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri
c. Mampu
mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran inkuiri
d.
Mampu menerapkan model-model pembelajaran inkuiri
|
Strategi Pembelajaran
Inkuiri
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
11. Memahami konsep dasar, hakikat masa-lah, dan
tahap-an-tahapan dalam pelaksa-naan strategi pembelajaran berbasis masalah
|
a. Mampu menjelaskan
konsep dasar strategi pembelajaran berbasis masalah
b. Mampu menganalisis
hakikat masalah dalam strategi pembelajaran berbasis masalah
c.
Mampu merumuskan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran
berbasis masalah
|
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
12. Mengetahui konsep dasar, karakteristik,
prinsip-prinsip pembelajaran, dan prosedur pembelajaran koperatif-kolaboratif
|
a. Mampu menjelaskan konsep dasar
strategi pembelajaran koperatif-kolaboratif
b. Mampu menganalisis karakteristik
dan prinsip-prinsip pembelajaran koperatif-kolaboratif
c.
Mampu merumuskan prosedur pembelajaran koperatif-kolaboratif
|
Strategi Pembelajaran Kooperatif-Kolaboratif
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
13. Memahami konsep dasar, asas-asas, pola belajar,
tahap-an, dan hakikat pembelajaran kontekstual
|
a. Mampu menjelaskan konsep dasar strategi
pembelajaran kontekstual
b. Mampu menganalisis asas-asas pembelajaran
kontekstual
c. Mampu merumuskan pola dan tahapan pembelajaran
kontekstual
d.
Mampu menyimpulkan hakikat pembelajaran kontekstual
|
Strategi Pembelajaran Kontekstual
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
14. Mengetahui konsep dasar, karakteristik, dan
langkah-langkah pene-rapan
strategi pembelajaran aktif
|
a.
Mampu menjelaskan
konsep dasar dan karak-teristik pembelajaran
aktif
b.
Mampu mempraktekkan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi pembelajaran aktif
|
Strategi Pembelajaran Aktif
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
15. Memahami penerapan strategi Lecturing
(Ceramah)
|
a. Mampu menjelaskan pengertian strategi Lecturing (Ceramah)
b. Mampu
mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan strategi
(metode) ceramah
c.
Mampu
meningkatkan efektivitas metode ceramah
|
Strategi Pembelajaran Lecturing (Ceramah)
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
16. Memahami penerapan strategi The
Power of Two dan Index Card Match dalam pembelajaran
|
a.
Mampu
menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi The
Power of Two dan Index Card Match dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi The Power of Two dan Index Card
Match dalam pembelajaran
|
Strategi The
Power of Two dan Index Card Match
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
17. Memahami penerapan stra-tegi
Everyone Is A Teacher Here, dan Information Search
dalam pembelajaran
|
a. Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan
strategi
Everyone Is A Teacher Here, dan Information Search
dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi Everyone Is A Teacher Here, dan Information Search
dalam pembelajaran
|
Strategi Everyone is
A Teacher Here, dan Information Search
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
18. Memahami penerapan stra-tegi
Student Created Case Study, dan Point-Counter Point dalam pembelajaran
|
a. Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan
strategi
Student Created Case Study, dan Point-Counter Point dalam
pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Student Created Case Study, dan Point-Counter Point dalam
pembelajaran
|
Strategi Student Created Case Study,
dan Point-Counter Point
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
19. Memahami penerapan stra-tegi
Students Questions Have dan Listening Team dalam pembelajaran.
|
a. Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan
strategi
Students Questions Have dan Listening Team dalam
pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Students Questions Have dan Listening Team dalam
pembelajaran
|
Strategi Students Questions Have dan
Listening Team
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
20. Memahami penerapan strategi Card
Sort dan The Firing Line dalam pembelajaran
|
a. Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan
strategi
Card Sort dan The Firing Line dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Card Sort dan The Firing Line dalam pembelajaran
|
Strategi
Card Sort dan The Firing Line
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.
Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
21. Memahami penerapan stra-tegi
Jigsaw Learning dalam pembelajaran
|
a. Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan
strategi
Jigsaw Learning dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Jigsaw Learning dalam pembelajaran
|
Strategi Jigsaw Learning
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
22. Memahami penerapan stra-tegi
Giving Question Getting Answer dalam pembelajaran
|
a. Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan
strategi
Giving Question Getting Answer dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Jigsaw Learning dan Giving Question Getting Answer dalam
pembelajaran
|
Strategi Giving Question Getting
Answer
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
3.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
4. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
23. Memahami penerapan strategi
Active Knowledge Sharing dan Team Quiz dalam pembelajaran
|
a.
Mampu menjelaskan
prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Active
Knowledge Sharing dan Team Quiz dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Active Knowledge Sharing dan Team Quiz dalam pembelajaran
|
Strategi Active Knowledge Sharing dan
Team Quiz
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
24. Memahami penerapan strategi
Active Debate dalam pembelajaran
|
a.
Mampu
menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Active Debate dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Active Debate dalam pembelajaran
|
Strategi
Active Debate (Perdebatan Aktif)
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
1.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model
Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
25. Memahami penerapan strategi Learning Starts with A Question dalam pembelajaran
|
a.
Mampu
menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Learning Starts with A Question dalam pembelajaran
b.
Mampu
mempraktikkan strategi
Learning Starts with A Question dalam pembelajaran
|
Strategi
Learning Starts with A Question
|
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
|
100 menit
|
3.
Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan
Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
4. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment, Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.
|
|
C.
Integrasi-Interkoneksi
1.
Matakuliah pendukung Integrasi-Interkoneksi:
a.
Tafsir Ayat Tarbawy
b.
Hadits Tarbawy
c.
Psikologi Pendidikan
d.
Ilmu Pendidikan
e.
Filsafat Pendidikan
2.
Level Integrasi-Interkoneksi :
a.
Filosofis: Strategi pembelajaran pada hakikatnya bertujuan untuk memberikan
cara yang paling mudah dalam menyampaikan materi perkuliahan (informasi) kepada mahasiswa. Pengetahuan yang
dimiliki oleh seorang dosen bisa menjadi mubazir bila dia tidak memiliki
keterampilan dalam mengkomunikasikannya kepada mahasiswa. Mata kuliah strategi
pembelajaran, terutama strategi pembelajaran aktif, membawa nuansa yang berbeda
dengan metode pembelajaran konvensional. Perbedaan itu terletak pada suasana
pembelajaran yang menyenangkan yang diusungnya. Learning
is most effective when it's fun.
Pada sisi lain,
Islam juga datang dengan membawa visi dan misi "memudahkan dan
menggembirakan" bagi umat manusia. Di sinilah, pada level filosofis,
terjadi integrasi dan interkoneksi antara Mata Kuliah Strategi Pembelajaran
dengan visi dan misi keislaman, "Mudahkan, jangan dipersulit; gembirakan,
jangan dibuat menjauh."
b.
Materi: Dalam era Rasulullah saw. dan para sahabat-sahabatnya, praktik
pembelajaran yang memudahkan dan menyenangkan sudah dipraktikkan. Suatu saat Nabi
Muhammad saw. berada dalam sebuah majlis bersama dengan para sahabatnya.
Kemudian beliau bersabda, "Aku melihat sebuah istana di surga, dan di
halamannya ada seorang gadis. Aku bertanya, milik siapa istana itu? Dijawab,
milik Umar. Sebenarnya, aku ingin memandang gadis itu, tetapi hal itu
kubatalkan, karena aku ingat sifatmu yang cemburuan itu, wahai Umar. Mendengar
itu Umar cemberut dan berkata, "Masa aku cemburu kepada Anda, ya
Rasulullah?"
Suasana pembelajaran yang "humoris"
seperti di atas, dan pembelajaran yang mudah dan menyenangkan pada umumnya,
dilandasi dan disupport oleh ayat-ayat Al-Quran, misalnya, "Allah
menghendaki kemudahan, dan tidak menghendaki kesukaran atasmu." Ayat lain, "Allah tidak
membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala
(dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang
dikerjakannya."
Sesungguhnya masih banyak contoh yang bisa
dikemukakan untuk menunjukkan bahwa banyak ayat-ayat Al-Quran dan Hadits-yang
bisa dikutip untuk memperkuat mata kuliah Strategi Pembelajaran. Hal ini menunjukkan
bahwa mata kuliah Strategi Pembelajaran ini, pada level materi, bisa
diintegasikan dan diinterkoneksikan dengan mata Tafsir-Hadits.
c.
Metodologi/Strategi: Strategi yang dipilih untuk mengajarkan
materi kuliah Strategi Pembelajaran ini adalah strategi-strategi yang mampu
mengaktifkan siswa dan sekaligus menciptakan suasana belajar yang kondusif.
Suasana belajar yang kondusif adalah suasana belajar yang tidak mengancam,
tidak menakutkan, dan tidak membuat mahasiswa mengalami stres berlebihan. Hal
ini sesuai dengan visi dan misi Islam, yang telah dijelaskan pada level
filosofis, dan sesuai pula praktik pembelajaran yang dicontohkan oleh Nabi
Muhammad saw. dan para sahabatnya, seperti dijelaskan pada level materi.
Dengan demikian,
maka mata kuliah Strategi Pembelajaran ini bisa pula diintegrasikan dan
diinterkoneksikan dengan nlai-nilai keislaman (Islamic Values) pada
level strategi. Penggunaan pendekatan inquiry dan discovery dalam pembelajaran
akan memberi peluang bagi mahasiswa
untuk belajar secara aktif dan mandiri
3.
Proses Integrasi –Interkoneksi :
a.
Informatif
b.
Konfirmatif
c.
Korektif
Disiapkan oleh :
Dosen Pengampu
Prof. Dr. Hamruni, M.Si.
|
Diperiksa oleh :
Kepala Jurusan/Program
Studi
…………………………………………
|
Disahkan oleh :
Dekan
............................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar