Selasa, 13 Maret 2018

SILABUS MATAKULIAH strategi pembelajaran


SILABUS MATAKULIAH
                                                                                               
Revisi                     :  27 Juli 2016
                                                                                                                Tanggal Berlaku  :  05 September 2016


A.      Identitas
1.       Nama Matakuliah           : Strategi Pembelajaran
2.       Program Studi               : Pendidikan Agama Islam (PAI)
3.       Fakultas                        : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
4.       Bobot                            : 4 sks
5.       Semester                      : III (Tiga / Ganjil)
6.       Komponen Kompetensi  :
7.       Kode Matakuliah                        :
8.       Alokasi waktu total        :

B.      Unsur-unsur silabus
Standar Kompetensi:  Mahasiswa memahami berbagai konsep metodologi pembelajaran, seperti model, strategi dan metode
                                 pembelajaran,serta mampu mempraktekkannya  dengan baik.

Kompetensi dasar
Indikator
Materi pokok
Strategi Pembelajaran
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Evaluasi
1.   Memahami konsep, model, klasifikasi dan komponen stra-tegi pembela-jaran
a.   Mampu menjelaskan pengertian, klasifikasi, dan komponen strategi pembelajaran.
b.   Mampu membedakan antara model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran
Konsep, Model, Klasifikasi dan Komponen Strategi Pembe-lajaran
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

2.   Memahami pola, prinsip, dan kriteria memilih strategi pembelajaran
a.   Mampu menganalisis pola belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran efektif
b.   Mampu merumuskan kriteria pemilihan strategi pembelajaran.
Pola, Prinsip, dan Kriteria memilih Strategi Pembelajaran
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

3.   Mengetahui problematika, konsep dasar, dan hakikat pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan problematika pembelajaran.
b.   Mampu menjelaskan konsep dasar pembelajaran
c.   Mampu menyimpulkan hakikat pembelajaran.
Problematika, Konsep Dasar, dan Hakikat Pembelajaran
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

4.   Memahami perubahan paradigma pembelajaran dan implikasinya dalam pembela-jaran
a.   Mampu menganalisis perubahan  paradigma pembelajaran
b.   Mampu menjelaskan implikasi perubahan paradigma dalam pendekatan, interaksi dan proses pembelajaran pembelajaran
Perubahan Paradigma Pembelajaran dan Implikasinya Dalam Pembelajaran
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

5.   Memahami Konsep Pokok, Pengertian dan nilai-nilai edutainment
a.   Mampu menjelaskan konsep pokok dan pengertian edutainment
b.   Mampu mengidentifikasi nilai-nilai edutainment dalam pembelajaran
Konsep Pokok, Pengertian dan Nilai-Nilai Edutainment
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembela-jaran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

6.   Memahami teori dan karakteristik edutainment dalam pembela-jaran
a.   Mampu menjelaskan teori-teori belajar bernuansa edutainment
b.   Mampu menganalisis karakteristik edutainment dalam pembelajaran
Teori dan Karakteristik Edutainment Dalam Pembelajaran
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

7.   Mengenal konsep edutain-ment dalam Quantum Learning
a.   Mampu menjelaskan konsep edutainment dalam Quantum Learning
b.   Mampu mengidentifikasi konsep-konsep pokok Quantum Learning
Konsep Edutainment Dalam Quantum Learning
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

8.   Memahami konsep Edutain-ment Dalam Pendidikan Islam
a.   Mampu mengidentifikasi nilai-nilai edutainment dalam kehidupan Rasulullah saw
b.   Mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran
Konsep Edutainment Dalam Pendidikan Islam
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

9.   Memahami strategi pembela-jaran ekspositori dan prosedur pelaksanaannya
a.   Mampu menjelaskan pengertian dan karakteristik pembelajaran ekspositori
b.   Mampu menjelaskan prosedur pembelajaran ekspositori
c.   Mampu mengidentifikasi keunggulan dan kele-mahannya
Strategi Pembelajaran Ekspositori
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

10. Memahami konsep dasar, prinsip-prinsip, dan penerapan strategi pembelajaran inkuiri
a.   Mampu menjelaskan konsep dasar strategi pembelajaran inkuiri
b.   Mampu menguraikan prinsip-prinsip dan langkah pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri
c.   Mampu mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran inkuiri
d.   Mampu menerapkan model-model pembelajaran inkuiri
Strategi Pembelajaran Inkuiri
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

11. Memahami konsep dasar, hakikat masa-lah, dan tahap-an-tahapan dalam pelaksa-naan strategi pembelajaran berbasis masalah
a.     Mampu menjelaskan konsep dasar strategi pembelajaran berbasis masalah
b.     Mampu menganalisis hakikat masalah dalam strategi pembelajaran berbasis masalah
c.     Mampu merumuskan tahapan-tahapan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran berbasis masalah
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.



12. Mengetahui konsep dasar, karakteristik, prinsip-prinsip pembelajaran, dan prosedur pembelajaran koperatif-kolaboratif
a.     Mampu menjelaskan konsep dasar strategi pembelajaran koperatif-kolaboratif
b.     Mampu menganalisis karakteristik dan prinsip-prinsip pembelajaran koperatif-kolaboratif
c.     Mampu merumuskan prosedur pembelajaran koperatif-kolaboratif
Strategi Pembelajaran Kooperatif-Kolaboratif
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

13. Memahami konsep dasar, asas-asas, pola belajar, tahap-an, dan hakikat pembelajaran kontekstual
a.   Mampu menjelaskan konsep dasar strategi pembelajaran kontekstual
b.   Mampu menganalisis asas-asas pembelajaran kontekstual
c.   Mampu merumuskan pola dan tahapan pembelajaran kontekstual
d.   Mampu menyimpulkan hakikat pembelajaran kontekstual
Strategi Pembelajaran Kontekstual
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelaja-ran Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

14. Mengetahui konsep dasar, karakteristik, dan langkah-langkah pene-rapan strategi pembelajaran aktif
a.     Mampu menjelaskan konsep dasar dan karak-teristik pembelajaran aktif
b.     Mampu mempraktekkan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi pembelajaran aktif
Strategi Pembelajaran Aktif
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

15. Memahami penerapan strategi Lecturing (Ceramah)
a.   Mampu menjelaskan pengertian strategi Lecturing (Ceramah)
b.   Mampu mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan strategi (metode) ceramah
c.   Mampu meningkatkan efektivitas metode ceramah
Strategi Pembelajaran Lecturing (Ceramah)
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

16. Memahami penerapan strategi The Power of Two dan Index Card Match dalam pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi The Power of Two dan Index Card Match dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi The Power of Two dan Index Card Match dalam pembelajaran
Strategi The Power of Two dan Index Card Match
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

17. Memahami penerapan stra-tegi Everyone Is A Teacher Here, dan Information Search dalam pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here, dan Information Search dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi Everyone Is A Teacher Here, dan Information Search dalam pembelajaran
Strategi Everyone is A Teacher Here, dan Information Search
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

18. Memahami penerapan stra-tegi Student Created Case Study, dan Point-Counter Point dalam pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Student Created Case Study, dan Point-Counter Point dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi Student Created Case Study, dan Point-Counter Point dalam pembelajaran
Strategi Student Created Case Study, dan Point-Counter Point
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

19. Memahami penerapan stra-tegi Students Questions Have dan Listening Team dalam pembelajaran.
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Students Questions Have dan Listening Team dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi Students Questions Have dan Listening Team dalam pembelajaran
Strategi Students Questions Have dan Listening Team
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

20. Memahami penerapan strategi Card Sort dan The Firing Line dalam pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Card Sort dan The Firing Line dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi Card Sort dan The Firing Line dalam pembelajaran
Strategi Card Sort dan The Firing Line
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

21. Memahami penerapan stra-tegi Jigsaw Learning dalam pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Jigsaw Learning dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi Jigsaw Learning dalam pembelajaran
Strategi Jigsaw Learning
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

22. Memahami penerapan stra-tegi Giving Question Getting Answer dalam pembelajaran
a.   Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Giving Question Getting Answer dalam pembelajaran
b.   Mampu mempraktikkan strategi Jigsaw Learning dan Giving Question Getting Answer dalam pembelajaran
Strategi Giving Question Getting Answer
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
3.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
4.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

23. Memahami penerapan strategi Active Knowledge Sharing dan Team Quiz dalam pembelajaran
a.     Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Active Knowledge Sharing dan Team Quiz dalam pembelajaran
b.     Mampu mempraktikkan strategi Active Knowledge Sharing dan Team Quiz dalam pembelajaran
Strategi Active Knowledge Sharing dan Team Quiz
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

24. Memahami penerapan strategi Active Debate dalam pembelajaran
a.     Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Active Debate dalam pembelajaran
b.     Mampu mempraktikkan strategi Active Debate dalam pembelajaran
Strategi Active Debate (Perdebatan Aktif)
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
1.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
2.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.

25. Memahami penerapan strategi Learning Starts with A Question  dalam pembelajaran
a.     Mampu menjelaskan prosedur (langkah-langkah) penerapan strategi Learning Starts with A Question  dalam pembelajaran
b.     Mampu mempraktikkan strategi Learning Starts with A Question  dalam pembelajaran
Strategi Learning Starts with A Question  
§ Lecturing Interactive
§ Reading Guide
§ Listening Team
§ Small Group Discussion
§ Full Class Discussion
100 menit
3.   Dr. H. Hamruni, M.Si., Strategi dan Model-Model Pembelajar-an Aktif-Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
4.   Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment,  Yogyakarta: CV. Investidaya, 2013.


C.      Integrasi-Interkoneksi
1.       Matakuliah pendukung Integrasi-Interkoneksi:
a.       Tafsir Ayat Tarbawy
b.       Hadits Tarbawy
c.        Psikologi Pendidikan
d.       Ilmu Pendidikan
e.       Filsafat Pendidikan
2.       Level Integrasi-Interkoneksi                              :
a.       Filosofis: Strategi pembelajaran pada hakikatnya bertujuan untuk memberikan cara yang paling mudah dalam menyampaikan materi perkuliahan (informasi) kepada mahasiswa. Pengetahuan yang dimiliki oleh seorang dosen bisa menjadi mubazir bila dia tidak memiliki keterampilan dalam mengkomunikasikannya kepada mahasiswa. Mata kuliah strategi pembelajaran, terutama strategi pembelajaran aktif, membawa nuansa yang berbeda dengan metode pembelajaran konvensional. Perbedaan itu terletak pada suasana pembelajaran yang menyenangkan yang diusungnya. Learning is most effective when it's fun.
Pada sisi lain, Islam juga datang dengan membawa visi dan misi "memudahkan dan menggembirakan" bagi umat manusia. Di sinilah, pada level filosofis, terjadi integrasi dan interkoneksi antara Mata Kuliah Strategi Pembelajaran dengan visi dan misi keislaman, "Mudahkan, jangan dipersulit; gembirakan, jangan dibuat menjauh."
b.       Materi: Dalam era Rasulullah saw. dan para sahabat-sahabatnya, praktik pembelajaran yang memudahkan dan menyenangkan sudah dipraktikkan. Suatu saat Nabi Muhammad saw. berada dalam sebuah majlis bersama dengan para sahabatnya. Kemudian beliau bersabda, "Aku melihat sebuah istana di surga, dan di halamannya ada seorang gadis. Aku bertanya, milik siapa istana itu? Dijawab, milik Umar. Sebenarnya, aku ingin memandang gadis itu, tetapi hal itu kubatalkan, karena aku ingat sifatmu yang cemburuan itu, wahai Umar. Mendengar itu Umar cemberut dan berkata, "Masa aku cemburu kepada Anda, ya Rasulullah?"  
Suasana pembelajaran yang "humoris" seperti di atas, dan pembelajaran yang mudah dan menyenangkan pada umumnya, dilandasi dan disupport oleh ayat-ayat Al-Quran, misalnya, "Allah menghendaki kemudahan, dan tidak menghendaki kesukaran atasmu." Ayat lain, "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya."
Sesungguhnya masih banyak contoh yang bisa dikemukakan untuk menunjukkan bahwa banyak ayat-ayat Al-Quran dan Hadits-yang bisa dikutip untuk memperkuat mata kuliah Strategi Pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa mata kuliah Strategi Pembelajaran ini, pada level materi, bisa diintegasikan dan diinterkoneksikan dengan mata Tafsir-Hadits.
c.        Metodologi/Strategi: Strategi yang dipilih untuk mengajarkan materi kuliah Strategi Pembelajaran ini adalah strategi-strategi yang mampu mengaktifkan siswa dan sekaligus menciptakan suasana belajar yang kondusif. Suasana belajar yang kondusif adalah suasana belajar yang tidak mengancam, tidak menakutkan, dan tidak membuat mahasiswa mengalami stres berlebihan. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Islam, yang telah dijelaskan pada level filosofis, dan sesuai pula praktik pembelajaran yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya, seperti dijelaskan pada level materi.
Dengan demikian, maka mata kuliah Strategi Pembelajaran ini bisa pula diintegrasikan dan diinterkoneksikan dengan nlai-nilai keislaman (Islamic Values) pada level strategi. Penggunaan pendekatan inquiry dan discovery dalam pembelajaran akan  memberi peluang bagi mahasiswa untuk belajar secara aktif dan mandiri
3.       Proses Integrasi –Interkoneksi                         :
a.       Informatif
b.       Konfirmatif
c.        Korektif



Disiapkan oleh :
Dosen Pengampu



Prof. Dr. Hamruni, M.Si.

Diperiksa oleh :
Kepala Jurusan/Program Studi



…………………………………………
Disahkan oleh :
Dekan



............................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar