Selasa, 13 Maret 2018

RANCANGAN PROGRAM KERJA KEMENPORA DEMA UIN SUNAN KALIJAGA KABINET NUSANTARA SATU PERIODE TAHUN 2018 M



RANCANGAN PROGRAM KERJA KEMENPORA
DEMA UIN SUNAN KALIJAGA
KABINET NUSANTARA SATU
PERIODE TAHUN 2018 M

A.  PENDAHULUAN
Bismillahirrohmanirrohiim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Kami bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada nabi Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mengikutinya.
Pemuda merupakan generasi muda yang sangat berpengaruh untuk proses pembangunan bangsa Indonesia. Sebagaimana ungkapan dari (Bung Karno) “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . Ini menunjukan bahwa pemuda selalu menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa yang dapat merubah pandangan orang dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan ide – ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.  Namun kadang pemuda belum mempunyai tujuan yang jelas dalam mencapai tujuan hidup dan mengembangkan bakatnya. Untuk mencapai tujuan yang jelas dan terarah, maka sebagian pemuda mencari jati diri dan tujuan hidupnya itu melalui kampus. Dan di kampus  mahasiswa mulai mencari kegiatan dalam mengapai tujuan dan menggembangkan bakat yang dimilikinya, baik melalui UKM maupun organisasi mahasiswa yang ada di kampus.
Organisasi mahasiswa yang ada di kampus salah satunya adalah Dewam Eksekutif Mahasiswa (DEMA) yang mana di dalamnya ada kementrian-kementrian, salah satunya adalah kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kemenpora menjadi poros pergerakan dalam pembinaan prestasi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Kementrian ini terbentuk karena perlunya suatu wadah yang dapat menjadi penggangas penyaluran minat dan bakat mahasiswa terkhusus dalam bidang keolahragaan. Selain bergerak di bidang olahraga, kemenpora juga bergerak di bidang kepemudaan melalui program kerja yang erat kaitannya dengan peran pemuda
Semoga dengan adanya suatu wadah yaitu kemenpora mahasiswa yang ada di UIN Sunan Kalijaga bisa menyalurkan minat dan bakat keolahragaaan dan berperan aktif dalam kepemudaan melalui program kerja yang nantinya berkaitan dengan peran pemuda.

B.       GAMBARAN UMUM
Kemenpora mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Kementerian ini dibentuk karena perlunya suatu wadah yang dapat menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, khususnya dalam bidang olahraga. Tanpa kita ketahui, banyak mahasiswa yang mempunyai potensi besar di bidang olahraga. Selain itu, potensi mahasiswa di bidang seni juga tidak kalah besarnya. Banyak mahasiswa yang unggul dari segi kreatifitasnya. Dengan mengembangkan potensi-potensi tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengejar prestasi dengan mengikuti berbagai perlombaan yang pada akhirnya akan membawa UIN Sunan Kalijaga untuk bisa bersaing bahkan unggul pada lingkup eksternal.
Selain bergerak di bidang olahraga, kemenpora juga bergerak di bidang kepemudaan. Pemuda adalah harapan bangsa. Mereka memiliki potensi yang besar, mimpi yang tinggi, serta idealisme yang kuat dalam dirinya. Serta selalu dapat memberikan peran perubahan untuk masa depan. Dalam bidang kepemudaan, kemenpora menciptakan program kerja yang erat kaitannya dengan peran pemuda. Peranan pemuda dan mahasiswa tentunya masih sangat diperlukan untuk regenerasi dalam mewujudkan dan melanjutkan cita-cita bangsa ini yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu. Maka dari itu diharapkan para generasi muda memahami peranannya dan dapat melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

C.       VISI MISI KEMENTERIAN
·         VISI : Terwujudnya kualitas sumberdaya Pemuda dan Olahraga yang baik  sebagai alat pemersatu warga  UIN Sunan Kalijaga.
·         MISI:
1. Mewujudkan pemuda yang sehat, terampil, produktif, inovatif, mandiri, berprestasi, berdaya saing yang dilandasi iman dan taqwa.
2.  Memberdayakan dan mengembangkan potensi pemuda dalam bidang olahraga.
3. Membudayakan dan meningkatkan prestasi pemuda dalam bidang olahraga.

D. TUGAS DAN WEWENANG KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
1. Menteri Pemuda dan olahraga berkedudukan di sekretariat DEMA U (Student Center lt.1)
2. Tugas dan Wewenang
a)    Melaksanakan tugas Presiden mahasiswa dalam mengorganisir dan mengkoordinir kegiatan operasional bidang Pemuda dan Olahraga.
b)      Melaksanakan tugas Presiden mahasiswa atas dasar penunjukkan secara lisan atau tertulis, apabila Presiden mahasiswa berhalangan hadir.
c)      Dapat menandatangani surat keluar dan ke dalam bersama sekretaris, dalam hal yang bersifat umum sesuai dengan pembagian tugasnya atas sepengetahuan dan persetujuan Presma.
d)     Mengkoordinasi divisi-divisi dalam melaksanakan tugas-tugas serta program kerja yang telah disusun.
e)      Lebih berorientasi pada tugas-tugas dan kegiatan dalam organisasi.
f)       Bertanggungjawab atas Kemenpora kepada Presiden mahasiswa.
g)      Merealisasikan aspirasi mahasiswa untuk memajukan kegiatan di dalam internal/eksternal kampus dalam bidang pemuda dan olahraga
3. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, menteri olahrga dibantu oleh staf.

E.     PENGURUS KEMENTERIAN

No
Nama
NIM
Jurusan
Fakultas
Angkatan
Jabatan
1.
Hasan Ibadin
15410060
PAI
Ilmu  Tarbiyah dan Keguruan
2015
Ketua Kementrian
2.
Wika Nurmaysyah Putri
15120090
SKI
Adab dan Ilmu Budaya
2015
Sekretaris
3.
Ach. Attaubatul Ghulam
14510023
Studi Agama-agama
Ushuludin dan Pemikiran Islam
2014
Deputi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda
4.
Moch Anshori
14820108
Perbankan Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam
2014
Deputi pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga

F.        PROGRAM KERJA

No.
Program Kerja
waktu
Target
Tujuan
Anggaran



Kualitatif
Kuantitatif


1.
Mengadakan Koordinasi dengan UKM yang membidangi olahraga
Minimal 4 x (1 tahun)
Meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara MENPORA dan pihak UKM
MENPORA beserta stafnya dan seluruh ketua dalam bidang olahraga
MENPORA mampu berkoordinasi dengan UKM yang membidangi seluruh bidang olahraga
Rp. 500.000,00
2.
Mengadakan pendelegasian setiap bidang olahraga dalam lingkup UIN SUKA untuk mengikuti even olahraga yang ada

Meningkatkan kemampuan dalam bidang setiap olahraga
Seluruh UKM dalam bidang olahraga
UKM mampu menjadi delegasi dalam bidang olahraga lingkup UIN SUKA
Rp. 4.000.000,00
3.
Mengadakan uji coba dengan kampus lain dalam bidang olahraga

Meningkatkan silaturahim antara sesama Universitas dan memperkuat mental juara dalamsetiap bidang olahraga
UKM Universitas lain
UKM mampu melakukan uji coba dengan kampus lain dalam bidang olahraga
Rp.6.000.000,00
4.
Peringatan Haornas
September
Menyatukan dan menumbukahan semangat olahraga dalam bidang masing-masing (olahraga) pada tingkat kampus, regional, mapun nasioanal
Sebagian dari seluruh jumlah kampus yang ada di Indonesia
Memperingati Hari olahraga Nasional
Rp.30.000.000,00
5.
Senam Mahasiswa
6 kali ( 1 tahun)
Menyatukan dan menumbuhkan  silaturohim antar mahasiswa  serta untuk membudayakan hidup sehat dengan berolahraga
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga
Mahasiswa bisa menjaga kesehatan melalui olahraga senam
Rp.1.000.000,00

G.      PENUTUP
Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga menjadi amal ibadah kita semua dalam mengemban amanah ini. Dan terakhir ada ungkapan dari sahabat Ali bin Abi Tholib ka. “ laisal fataa mayyaquulu ha dza abii, lakin fata mayyaquulu ha ana dza” Seorang pemuda sejati bukanlah dia yang mengatakan inilah ayahku, tetapi pemudi sejati adalah yang mengatakan ini lah Aku”.Selamat  dan mari berjuang. Salam mahasiswa.

Yogyakarta,                                        2018
Menteri

Hasan Ibadin
15410060

Tidak ada komentar:

Posting Komentar