Selasa, 13 Maret 2018


RENCANA PERKULIAHAN
STRATEGI PEMBELAJARAN JURUSAN PAI TAHUN 2016/2017

 Smt./Kelas   :  Ganjil (III)  -- PAI A                 
 Rabu             :  PAI A: 08.45 – 10.25                                                                                      R. 313
 Kamis           :  PAI A: 08.45 – 10.25                                                                                      R. 313
TANGGAL
TOPIK BAHASAN
KET.
7 Sept. 2016
(1)

]  Personal Introduction & Kontrak Belajar
]  Overview Materi Perkuliahan
]  Informasi & Tugas-Tugas
      Þ Kuliah Bag. I:  5 Sept. – 21 Okt. 2016
      Þ Mid Smt. :  23 Okt. – 4 Nop. 2016
      Þ Kuliah Bag. II:  9 Nop. – 23 Des. 2016

8 Sept. 2016
(2)
Strategi Pembelajaran :
1. Pengertian strategi pembelajaran
2. Model, pendekatan, strategi, dan metode pemb.

14 Sept. 2016
(3)
Strategi Pembelajaran :
1. Prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran
2. Kriteria pemilihan strategi pembelajaran

15 Sept. 2016
(4)
Konsep Dasar, Perubahan Paradigma dan Hakikat Pembelajaran

21 Sept. 2016 (5)
Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran:
1.    Pengertian
2.    Nilai-nilai edutainment dalam pembelajaran
3.    Karakteristik edutainment dalam pembelajaran

22 Sept. 2016 (6)
Konsep-Konsep Pokok Edutainment (1): hal. 50
1.    Learning How-to-Learn: 50 – 51
2.    Global Learning: 51 – 58  

28 Sept. 2016 (7)
Konsep-Konsep Pokok Edutainment (2):   
1.    Kekuatan AMBAK: 58 – 59
2.    Lingkungan Belajar : 59 – 63




29 Sept. 2016
(8)
Konsep-Konsep Pokok Edutainment (2):   
3.    Gaya Belajar : 63 – 70

05 Okt. 2016 (9)
Teknik Mencatat Tingkat Tinggi:
Þ  Peta Pikiran (Mind Map): 70 – 75

06 Okt. 2016 (10)
 Teknik Mencatat Tingkat Tinggi:
Þ  Catatan «TS» (Tulis dan Susun):  75 – 81
Kel. 1 & 9
12 Okt. 2016 (11)
Reading Skill (Keterampilan Membaca):
Þ  Memaksimalkan  Kemampuan Membaca :  81 – 92
Kel. 2 & 10
13 Okt. 2016 (12)
Strategi Pembelajaran Ekspositori:
1.    Pengertian dan karakteristik pembelajaran ekspositori
2.    Prosedur pembelajaran ekspositori
3.    Keunggulan dan kelemahannya
Kel. 3 & 11
19 Okt. 2016 (13)
Strategi Pembelajaran Inquiry-Discovery
1.    Konsep dasar strategi pembelajaran inkuiri
2.    Prinsip-prinsip dan langkah pelaksanaan SPI
3.    Keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran inkuiri.
Kel. 4 & 12
20 Okt. 2016 (14)
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah:
1.    Konsep dasar strategi pembelajaran berbasis masalah
2.    Hakikat masalah dalam strategi PBM
3.    Tahapan-tahapan dalam pelaksanaan strategi PBM
Kel. 5 & 13
23/10 – 4/11 2016
MID SEMESTER

09 Nop. 2016
(15)
Strategi Pembelajaran Kontekstual:
1.    Konsep dasar strategi pembelajaran kontekstual
2.    Asas-asas pembelajaran kontekstual
3.    Merumuskan pola dan tahapan pembelajaran
4.    Mampu menyimpulkan hakikat pembelajaran kontekstual
Kel. 6 & 14
10 Nop. 2016
(16)
Strategi Pembelajaran Kooperatif-Kolaboratif:
1.    Konsep dasar strategi pembelajaran koperatif-kolaboratif
2.    Karakteristik dan prinsip-prinsip pembelajaran koperatif-kolaboratif
3.    Prosedur pembelajaran koperatif-kolaboratif
Kel. 7 & 15
16 Nop. 2016
(17)
Strategi Pembelajaran Aktif
1.    Filosofi pembelajaran aktif
2.    Alasan penggunaan pembelajaran aktif
3.    Triune theory
Kel. 8 & 16
17 Nop. 2016
 (18)
Strategi Pembelajaran Aktif
1.    The Power of Two and Four
2.    Index Card Match

23 Nop. 2016
(19)
Strategi Pembelajaran Aktif
1.    Everyone is A Teacher Here
2.    Information Search

24 Nop. 2016
 (20)
Strategi Pembelajaran Aktif
1.    Student Created Case Study
2.    Students Questions Have

30 Nop. 2016
 (21)
Strategi Pembelajaran Aktif
1.    Learning Starts with A Question
2.    Team Quiz

01 Des. 2016
(22)
Strategi Pembelajaran Aktif
1.    Card Sort
2.    The Firing Line

07 Des. 2016
 (23)
Strategi Pembelajaran Aktif
·         Listening Team

08 Des. 2016
 (24)
Strategi Pembelajaran Aktif
·         Jigsaw Learning

14 Des. 2016
 (25)
Strategi Pembelajaran Aktif
·         Gallery Learning

15 Des. 2016
 (26)
Strategi Pembelajaran Aktif
·         Active Debate (Perdebatan Aktif)

21 Des. 2016
 (27)
Strategi Pembelajaran Aktif
·         Point Counter-Point

22 Des. 2016
 (28)
Kuliah Penutup:
1.    Review materi perkuliahan
2.    Informasi ujian akhir
3.    Tutup kuliah

A.   SUMBER / REFERENSI
          1.      Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si., Pembelajaran Berbasis Edutainment: Landasan Teori dan Metode-Metode Pembelajaran Aktif-Menyenangkan (PAIKEM), Yogyakarta: CV. Investidaya, 2014.
          2.      Dr. Hamruni, M.Si., Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah, 2009.
          3.      Silberman, Mel., Active Learning: 101 Strategies To Teach Any Subject, Needham Hieght: Allyn Bacon, 1996.
          4.      Thomas A. Angelo, Classroom Assessment Techniques, A Handbook for College  Teachers, 1996.
          5.      Dr. Prasetya Irawan, M.Sc., dkk., Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaran, PAU-PPAI Ditjen PT Depdikbud, 1996.

B.   PENILAIAN :
1.    Ujian Akhir Semester                                                       :  30 %
2.    Ujian Mid Semester                                                          :  30 %
3.    Portofolio (Tugas)                                                            :  20 %
4.    Partisipasi & Keaktifan Kelas                                           :  10 %
5.    Sikap & Kehadiran                                                           :  10 %


Yogyakarta, 5 September 2016

Dosen,



Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si.
NIP. 19590525 198503 1 005



PAI KELAS A:
TUGAS
Bagi kelas menjadi 16 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 3 orang, kecuali kelompok 16 (2 orang)
Kelompok 1
1 – 17 – 33 :
Kelompok 2
2 – 18 – 34 :
Kelompok 3
3 – 19 – 35 :
Kelompok 4
4 – 20 – 36 :
Kelompok 5
5 – 21 – 37 :
Kelompok 6
6 – 22 – 38 :
Kelompok 7
7 – 23 – 39 :
Kelompok 8
8 – 24 – 40 :
Kelompok 9
9 – 25 – 41 :
Kelompok 10
10 – 26 – 42 :
Kelompok 11
11 – 27 – 43 :
Kelompok 12
12 – 28 – 44 :
Kelompok13
13 – 29 – 45 :
Kelompok 14
14 – 30 – 46 :
Kelompok 15
15 – 31 – 47 :
Kelompok 16
16 – 32 :






 PAI KELAS B:
TUGAS
Bagi kelas menjadi 16 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 3 orang, kecuali kelompok 16 (2 orang)
Kelompok 1
1 – 17 – 33 :
Kelompok 2
2 – 18 – 34 :
Kelompok 3
3 – 19 – 35 :
Kelompok 4
4 – 20 – 36 :
Kelompok 5
5 – 21 – 37 :
Kelompok 6
6 – 22 – 38 :
Kelompok 7
7 – 23 – 39 :
Kelompok 8
8 – 24 – 40 :
Kelompok 9
9 – 25 – 41 :
Kelompok 10
10 – 26 – 42 :
Kelompok 11
11 – 27 – 43 :
Kelompok 12
12 – 28 – 44 :
Kelompok13
13 – 29 – 45 :
Kelompok 14
14 – 30 – 46 :
Kelompok 15
15 – 31 – 47 :
Kelompok 16
16 – 32 :



PERKULIAHAN DAN TUGAS SETELAH MID SEMESTER

1.     Buat kelompok berpasangan atau trio
2.     Setiap kelompok menentukan (atau ditentukan) satu strategi pembelajaran aktif
3.     Daftar strategi yang bisa dipilih:

NO
STRATEGI
NO
STRATEGI
1.
The Power of Two
11.
ListeningTeam
2.
Reading Guide
12.
Active Knowledge Sharing
3.
Questions Students Have
13.
Learning Starts with a Question
4.
Index Card Match
14.
Team Quiz
5.
Students Created Case Studies
15.
Giving Questions Getting Answers
6.
The Firing Line
16.
Physical Self-Assessment
7.
Point-Counterpoint
17.
Setting Class Ground Rules
8.
Everyone Is a Teacher Here
18.
Group to Group Exchange
9.
Information Search
19.
Poster Session
10.
Card Sort
20.
Active Observation and Feedback

4.     Setiap pasangan (kelompok) mempersiapkan Lesson Plan (formatnya terlampir)
5.     Lesson Plan harus diserahkan kepada Dosen sebelum praktik.


Format Lesson Plan


Kompetensi Dasar                        :  ....................................................................................
Indikator Kompetensi                    :  ....................................................................................
Pokok Bahasan                            :  ....................................................................................
Strategi/Metode Pembelajaran     :  ....................................................................................
Media Pembelajaran                                
a.         Sarana Pembelajaran            :  ....................................................................................
b.         Sumber belajar                      :  ....................................................................................
Evaluasi                                        :  ....................................................................................
Alokasi Waktu                               :  ± 30 menit


Langkah-Langkah Pembelajaran :


No

Waktu

Aktivitas Pembelajaran

1.
5 menit
Pembukaan: salam, topik bahasan, referensi, KD/Indikator, appersepsi/pre-tes
2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.
5 menit
Menutup: Post-tes (evaluasi), Kesimpulan (pokok-pokok materi) – salam
Catatan: Langkah 2, 3, 4, sampai 7, tergantung starategi/metode yang dipilih.




PEMBAGIAN KELOMPOK
PRAKTEK STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF
SEMESTER V KI-1
________________________________________________________________________________

Kelompok 1     : 
Kelompok 2     : 
Kelompok 3     : 
Kelompok 4     : 
Kelompok 5     :          
Kelompok 6     : 
Kelompok 7     : 
Kelompok 8     : 
Kelompok 9     :   
Kelompok 10   : 
Kelompok 11   : 
Kelompok 12   : 
Kelompok 13   : 
Kelompok 14   : 
Kelompok 15   : 
Kelompok 16   : 
Kelompok 17   : 
Kelompok 18   : 
Kelompok 19   : 
Kelompok 20   : 
Kelompok 21   : 
Kelompok 22   : 
Kelompok 23   : 
Kelompok 24   : 




PRAKTEK STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF


Smt. V KI-1 :  Selasa: 07.00 – 09.30                                                                                     Ruang : 412
NO
TANGGAL
KLP
N A M A
STRATEGI
NILAI
L.P.
Prk
Rata
1.













2.



















3.



















4.



















5.



















6.













7.



















8.



















9.



















10.



















11.













12.



















13.



















14.



















15.



















16.













17.



















18.



















19.



















20.



















Keterangan :







1 komentar: