Selasa, 13 Maret 2018

Penanaman Pilar-Pilar Karakter Dalam Menghadapi Arus Budaya Global di MAN 01 Yogyakarta


Penanaman Pilar-Pilar Karakter Dalam Menghadapi Arus Budaya Global
di MAN 01 Yogyakarta
Oleh: Hasan Ibadin dan Arifah Nur’aini Syamsiana
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang tujuannya untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik buruk, mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati sebagai cita-cita luhur dalam dunia pendidikan. Namun globalisasi mengakibatkan karakter anak bangsa menjadi rapuh, tidak bertanggung jawab karena terlena dengan kehidupan dunia modern yang menyenangkan, sehingga menyebabkan terjadi dekadensi moral yang menghilangkan kreativitas dan produktivitas anak bangsa yang seharusnya menjadi harapan untuk generasi yang akan datang. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah membahas tentang penanaman makna dan  pilar-pilar karakter dalam perspektif Islam sebagai wujud dalam menghadapi arus budaya global di MAN 01 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dengan menggambarkan pilar-pilar karakter menurut para ahli dan dihubungkan dengan filsafat pendidikan Islam dan nilai-nilai luhur bangsa. Kemudian penulis menganalisanya untuk ditemukan persamaan dari ketiganya serta menganalisa penanaman pilar-pilar karakter terhadap peserta didik di MAN 01 Yogyakarta. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa adanya penanaman nilai-nilai karakter yang ditanamkan di MAN 01 Yogyakarta agar peserta didik dapat sukses menghadapai budaya arus global.
Kata kunci: pilar, karakter, budaya, global, MAN 01 Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar