Penanaman Pilar-Pilar Karakter Dalam Menghadapi Arus Budaya Global
di MAN 01 Yogyakarta
Oleh:
Hasan Ibadin dan Arifah Nur’aini Syamsiana
UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta
Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi
pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang tujuannya untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik buruk, mewujudkan
kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati sebagai cita-cita
luhur dalam dunia pendidikan. Namun globalisasi mengakibatkan karakter anak
bangsa menjadi rapuh, tidak bertanggung jawab karena terlena dengan kehidupan
dunia modern yang menyenangkan, sehingga menyebabkan terjadi dekadensi moral
yang menghilangkan kreativitas dan produktivitas anak bangsa yang seharusnya
menjadi harapan untuk generasi yang akan datang. Maka dari itu tujuan
penelitian ini adalah membahas tentang penanaman makna dan pilar-pilar karakter dalam perspektif Islam
sebagai wujud dalam menghadapi arus budaya global di MAN 01 Yogyakarta.
Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dengan menggambarkan
pilar-pilar karakter menurut para ahli dan dihubungkan dengan filsafat
pendidikan Islam dan nilai-nilai luhur bangsa. Kemudian penulis menganalisanya
untuk ditemukan persamaan dari ketiganya serta menganalisa penanaman
pilar-pilar karakter terhadap peserta didik di MAN 01 Yogyakarta. Dari
penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa adanya penanaman nilai-nilai
karakter yang ditanamkan di MAN 01 Yogyakarta agar peserta didik dapat sukses
menghadapai budaya arus global.
Kata kunci: pilar, karakter, budaya, global, MAN 01 Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar