Senin, 12 Februari 2018

RPP Al-quran Hadis kelas XI semester ganjil Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah/Madrasah        : Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran                        : Al-Qur'an Hadis
Kelas/SMT                              : XI / Ganjil
Materi Pokok                          : Hidup Berkah dengan Menghormati dan Mematuhi Orang Tua dan Guru
Alokasi Waktu                        : 2x45 Menit (1 Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI-1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2:   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, rensponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3:   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
KI-4:   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
2.1  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
3.1 Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
Indikator:

3.1.1. Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.1.2. Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.1.3. Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah

4.1.       Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
Indikator:
4.1.1.   Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
4.1.2. Melafalkan dengan lancar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
4.1.3    Melafalkan dengan benar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah



C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya,mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, peserta didik dapat memahami, melafalkan dengan baik dan benar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru

D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
3.1.    ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
رَغِمَأَنْفُهُثُمَّرَغِمَأَنْفُهُثُمَّرَغِمَأَنْفُهُقِيلَمَنْيَارَسُولَاللَّهِقَالَمَنْأَدْرَكَوَالِدَيْهِعِنْدَالْكِبَرِأَحَدَهُمَاأَوْكِلَيْهِمَاثُمَّلَمْيَدْخُلْالْجَنَّةَ
hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
سَمِعْتُعَبْدَاللَّهِبْنَعَمْرٍورَضِيَاللَّهُعَنْهُمَايَقُولُجَاءَرَجُلٌإِلَىالنَّبِيِّصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَفَاسْتَأْذَنَهُفِيالْجِهَادِفَقَالَأَحَيٌّوَالِدَاكَقَالَنَعَمْقَالَفَفِيهِمَافَجَاهِدْ

E. Metode Pembelajaran
1.  Diskusi, membagi siswa dalam beberapa kelompok, menunjuk salah seorang  siswa menjadi moderator, seorang menjadi notulis dan seorang menjadi juru bicara. Setelah diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan kesimpulan didepan kelas.
2.  Tanya jawab, guru membagikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar.
3.  Resitasi: guru memberikan tugas mandiri kepada seluruh siswa untuk Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
    1.  Media
Gambar tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
2.  Alat/Bahan
- Laptop, LCD Proyektor, Slide
    3.  Sumber Belajar
- Buku Ajar siswa al-Quran Hadis Kelas XI
-  Departemen Agama, Al-Qur’an dan terjemahannya

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskrepsi
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal



10’

1)      Mengajak semua siswa untuk berdoa yang dipimpin oleh salah satu siswa

2)      Menyapa kondisi kelas danmengkomunikasikan tentang kehadiran siswa serta kebersihan kelas

3)      Guru mengajak siswa tadarrus bersama Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Luqman (31): 13–17

4)      Guru menyampaikan tujuan belajar yang akan dipelajari

5)      Guru mengajak siswa untuk menentukan kontrak belajar
Kegiatan Inti
65’

1). Mengamati
* Guru membagi kelas menjadi tiga kelompok dan membagi tiga topik yang berbeda
* Guru mempersilahkan siswa untuk membaca dan mengamati materi sesuai dengan tema yang ditentukan dengan tujuan masing-masing kelompok dapat memerankan topik


2)   Menanya
Pada saat berdiskusi mengalami masalah, maka siswa disilahkan bertanya pada teman lain atau bertanya secara langsung pada guru.


3)   Mengeksplorasi/mengumpulkan data/mengeksperimen
§  Masing-masing kelompok mendiskusikan bagaimana cara memerankan topik mulai membagi karakter dan bagaimana cara mengekspresikan topik dalam peran


4)   Mengasosiasi
Setiap siswa diminta untuk mengkaitkan materi yang didiskusikan dengan kehidupan sehari-hari


5)   Mengkomunikasikan
Setiap kelompok mendemonstrasikan masing-masing peran di depan kelompok lain

Kegiatan Menutup
15’

1)       Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran


2)       Guru memberikan penguatan materi ajar


3)       Guru memberikan tugas untuk mencari bahan bacaan sesuai materi ajar “ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru


4)       Guru bersama-sama siswa membaca doa penutup majlis


H.    Penilaian (Jenis, Instrumen, Pedoman Penskoran)
Jenis/ Teknik Penilaian

No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
1.
Sikap Sosial
Observasi
2.
Pengetahuan
Tes tertulis
3.
Keterampilan
Tes  praktik

 2.      Bentuk Instrumen dan Instrumen

Pengamatan Sikap
Format Penilaian Individu
No
Nama Peserta didik
Aktifitas
Skor
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
Rubrik penilaian:
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kerjasama
Belum memperlihatkan kerjasamanya
1
Mulai memperlihatkan kerjasamanya
2
Mulai berkembang  kerjasamanya
3
Mulai membudayakan  kerjasamanya
4
2
Keaktifan
Belum memperlihatkan keaktifannya
1
Mulai memperlihatkan keaktifannya
2
Mulai berkembang  keaktifannya
3
Mulai membudayakan keaktifannya
4
3
Partisipasi
Belum memperlihatkan Partisipasinya
1
Mulai memperlihatkan partisipasinya
2
Mulai berkembang  partisipasinya
3
Mulai membudayakan  partisipasinya
4
4
Inisiatif
belum memperlihatkan Inisiatifnya
1
mulai memperlihatkan Inisiatifnya
2
mulai berkembang  Inisiatifnya
3
mulai membudayakan  Inisiatifnya
4
Total
16

    3) Pedoman Pen-skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal (16)

Format Penilaian “Kembangkan Pikiranmu”

Format Penilaian

No.
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1
2
3

Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:
No
Indikator Penilaian
Skor

1
Kejelasan dan kedalaman informasi.
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna
30
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan  kurang sempurna
20
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap

10
2
Keaktifan dalam diskusi
berperan sangat aktif dalam diskusi
30
berperan aktif dalam diskusi
20
kurang aktif dalam diskusi
10

3
Kejelasan dan kerapian presentasi.
mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi
30
mempresentasikan dengan jelas dan rapi,
20
mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi
10
Jumlah skor maksimal
180

3) Pedoman Pen-Skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal



Format Penilaian “TILAWAH AYAT”

Format Penilaian

No.
Nama peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P

Aspek dan rubrik  penilaian tilawah ayat:

No
Indikator Penilaian
Skor
1
Tajwid
Melafalkan setiap lafal dengan benar dan tepat
30
Melafalkan sebagian besar dari lafal dengan benar dan tepat
20
Banyak kesalahan dalam pelafalan ayat
10
2
Fashahah
Melafalkan ayat  dengan sangat lancar
30
Menghafalkan ayat dengan cukup lancar
20
Menghafalkan ayat kurang lancar dan terbata-bata
10

3
Tartil
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan jelas dan tartil
30
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an dengan cukup jelas dan tartil
20
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an kurang jelas dan tidak tartil
10

Pedoman Pen-Skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal

Penilaian “Berlatihlah”
 Format Penilaian “Berlatihlah”
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Skor
Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1
2

Aspek dan rubrik  penilaian kelompok:
No
Indikator Penilaian
Skor
1
Kedisiplinan
Tepat waktu dalam penyerahan tugas
26 – 30
Terlambat dalam penyerahan tugas
10 – 25
2
Antusiaisme
Sangat antusias dalam mengerjakan tugas
26 – 30
Biasa saja dalam mengerjakan tugas
16 – 25
Enggan mengerjakan tugas
10 – 15

3
Kejelasan dan kerapian hasil tugas
Hasil tugas yang diserahkan sangat rapi dan jelas
31 – 40 
Hasil tugas yang diserahkan cukup rapi dan jelas
21 – 30
Hasil tugas yang diserahkan tidak jelas dan asal-asalan
10 – 20

Pedoman Pen-Skoran
Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal

Yogyakarta, 29 September 2017
Kepala MAN 01 Yogyakarta


Prof.Dr. Maragustam, M.Ag
NIP. 19591001 198703 1002
Guru Bidang Studi


Hasan Ibadin
NIP. 15410060


Tidak ada komentar:

Posting Komentar