ABSTRAK
HASAN IBADIN. Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.
Latar
belakang penelitian ini yaitu: seharunya mahasiswa sebagai individu yang
menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, akan memiliki minat belajar yang
tinggi terhadap bidang perkuliahan yang diminatinya. Akan tetapi karena
mahasiswa jurusan PAI berlatar belakang dari asal sekolah yang berbeda baik
dari MAN, SMK, maupun SMA, maka menimbulkan minat belajar mahasiswa jurusan PAI
yang fluktuatif bahkan rendah. Peran konsep diri akademik sangat diperlukan
dalam menumbuhkan minat belajar mahasiswa sebagai penunjang taraf belajar,
meningkatkan kemampuan akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa. Sehingga
ketika mahasiswa lulus dari PAI akan menjadi Sarjana Pendidikan Islam yang
berakhlak mulia dan memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial,
kepemimpinan, dan profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan
dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan minat belajar mahasiswa
di Jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta, (2) untuk mendeskripsikan konsep diri akademik yang
dimiliki mahasiswa jurusan PAI angkatan 2016 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (3) menguji secara empiris hubungan
konsep diri akademik dengan minat belajar mahasiswa di jurusan PAI angkatan
2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa jurusan PAI
angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
sebanyak 91 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling
kuota. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga
berdasarkan rumus Slovin jumlah sampelnya sebanyak 74 mahasiswa. Pengumpulan
data menggunakan teknik skala, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data
meliputi analisis deskriptif korelasi product moment.
Hasil
penelitian menunjukan bahwa: (1) tingkat minat belajar mahasiswa di Jurusan PAI
angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
secara umum tinggi, yaitu 77%. (2) tingkat konsep diri akademik yang dimiliki
mahasiswa jurusan PAI angkatan 2016 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta secara umum tinggi, yaitu 89% (3) terdapat hubungan
positif yang signifikan antara konsep diri akademik dengan minat belajar
mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2016 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga Yogyakarta, (rxy = 0,717 dan p = 0,000 (one-tailed), p
< 0,05) artinya semakin tinggi tingkat konsep diri akademik yang dimiliki
oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula minat belajarnya. Sebaliknya jika
tingkat konsep diri akademik mahasiswa semakin rendah, maka semakin rendah pula
minat belajar yang dimiliki oleh mahasiswa.
Kata
Kunci : Konsep
Diri Akademik, Minat Belajar
untuk lengkapnya bisa minta lewat email ya
BalasHapusPenjelasannya cukup baik
BalasHapus